Cerpen


Sabtu, 27 Desember 2014

PERMASALAHAN MENJADI MAHASISWA

Sebelumnya kalian pasti bertanya-tanyaa, memang menjadi mahasiswa ada masalah? Menurutku, setiap orang dilingkungan baru memiliki masalah dan bermacam-macam. Menjadi mahasiswa itu tidak mudah. Yang biasanya selalu bersama-sama dengan teman waktu SMA, dipisahkan. Mungkin ada yang sebagian masih bersama-sama. Tapi tanpa kalian sadari, lambat laun kalian akan berjarak. Duh gak mau kan?
Dulu aku juga begitu. Maklum masih labil. Setelah UN, teman-temanku pada sibuk mau kesana-sini. Ketika kami berpisah karena ada salah satu teman ke Yogya. Gak enak banget kan? Ya mau gimana lagi. Itu cita-cita temanku. akhirnya aku punya solusi, soalnya sekarang aku bisa fokus belajar dan memiliki teman serta sahabat. Dan teman-teman jaman sekolah masih baik.
Langkah menyelesaikan masalah menjadi mahasiswa :
1. Beradaptasi
            Beradaptasi adalah cara yang baik dan utama, karena menurutku hal yang paling utama menunjukan itikat baikmu. Awal perkenalan jangan sampai mengecewakan. Benar gak? Jujur dan pasang badan. Bahasa tubuh menjadi hal penting. Jangan malu-malu dan jangan pura-pura. Apa adanya kalian aja.
2. Royal
            Santai dan menerima keluh kesah teman. Pasti banyak yang masih kaku, diam atau cuek. Sering kita ikut-ikutan terbawa suasana kekesalan pada akhirnya. Gak mau kan? Nanti disangka kalian bawel lagi.
3. Terbuka
            Siapa sih yang mau diam aja. Pastinya kalian ingin punya banyak teman dikelas dan tidak menginginkan musuh. Baru masuk kuliah masa kaya anak kecil.
4. Jujur
            Hal yang penting banget. Jangan membohongi diri sendiri. Kalau kalian gak terlalu suka dengan teman yang baru kenal, bilang aja. Biar sama-sama enak. Jika dipendam dalam hati, takutnya jadi benci-bencian.
5. Pintar
            Bukan hanya soal pelajaran, namun pintar memantau situasi dan kondisi.
6. Buat forum
            Kenapa? Ya biar saling tukar pikiran. Seru loh.., jadi mahasiswa kan kalian harus punya banyak wawasan dan channel, buat masa depan juga. Dikampus bukan yang baru lulus, tapi ada yang kerja. Biar menambah wawasanmu. Seru loh kalau teman-teman kamu diajak, debat hal yang berwawasan. Supaya bisa mengukur kecerdasan kamu dan teman kamu.
7. Menghandle
            Kondisi kelas ketika gak kondusif, kamu bisa kasih saran bahkan kritikan. Yang sifatnya membangun loh.
8. Ide
            Ungkapkan saja ide-idemu, jangan jadi mahasiswa yang individualism ya.. gak baik. Mana yang mau dekat kamu atau menjadi teman kamu.
9. Belajar mandiri
            Banyak yang belum siap mandiri. Apa lagi dalam hal pelajaran. aduh gak jaman nyontek atau mengandalkan seseorang. Gak selamanya mereka selalu membantu kamu. Lulus atau gaknya kamu kan tergantung kamu. Ya kan?
10. Ikut kegiatan kampus
            Banyak kegiatan seperti BEM atau UKM (ekskul). Tujuannya untuk mengembangkan kreatifitas dan pemikiran kamu. Wawasan menjadi mahasiswa adalah hal yang harus diutamakan. Ya bayangkan, kamu hanya diam dikampus tanpa kegiatan. Garing dan membosankan sekali. Masa-masa SMA gak bisa diulang.
11. Tidak terikat
            Berteman atau menjadi teman sepermaian jangan terikat. Kalau kamu tidak suka dengan teman kamu masa teman yang lain tidak boleh berteman dengannya. Please, jangan memaksa teman kamu. Nanti yang ada jadi gak enakan atau diam-diaman.

Mungkin itu solusi yang biasa aku kasih kekalian. Semoga bermanfaat.

*SALAM PERSAHABATAN… J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar